Manchester United Memenangkan Gelar Pertama Di Ajang Europa League

Manchester United keluar dari tekanan dan rasa berduka setelah terjadi tragedi peledakan bom di kota Manchester saat konser Ariana Grande dengan keberhasilan mengangkat tropi Europa League musim ini. Kurang dari 48 jam setelah terjadi teror yang menewaskan 22 orang dan melukai banyak korban di Manchester Arena; para pemain Manchester United memperlihatkan semangat yang luar biasa untuk mengalahkan Ajax Amsterdam dengan skor 2 – 0. Paul Pogba dan Henrikh Mkhitaryan menjadi pahlawan kemenangan setelah masing – masing pemain mencetak sebuah gol. Gelar tersebut merupakan gelar pertama Manchester United di gelaran Eropa dalam 9 tahun terakhir. Tropi Europa League tersebut juga merupakan tiket bagi tim asuhan Jose Mourinho untuk berlaga di Liga Champions Eropa musim depan.

 

Ajax Amsterdam sebenarnya tampil cukup baik meski mereka memainkan tim dengan rata – rata usia termuda dalam sejarah final kompetisi antar klub Eropa. Para pemain mengenakan ban hitam di lengan dan pertandingan dimulai dengan acara mengheningkan cipta untuk menghormati para korban peledakan bom di Manchester Arena. Para pemain Manchester United memulai laga dengan penuh kepercayaan diri. Paul Pogba yang baru menjalani laga kedua setelah kematian sang ayah Fassou Antoine di usia 79 tahun membuka skor dengan tendangan rendah yang sempat mengenai Davinson Sanchez. Gol kedua Manchester United dicetak Henrikh Mkhitaryan melalui aksi akrobatik yang secara tidak langsung memupus peluang Ajax Amsterdam untuk bangkit dan mencetak gol. Keputusan Jose Mourinho memainkan Sergio Romero di bawah mistar gawang dan membangkucadangkan David De Gea terbukti membuahkan hasil positif. Penampilan bagus Romero sepertinya dapat memberi solusi jika De Gea benar – benar ingin meninggalkan Inggris di bursa transfer musim panas mendatang.

 

Kemenangan di ajang Europa League tersebut menjadi gelar ketiga Jose Mourinho di musim ini setelah sebelumnya memenangkan gelaran EFL Cup dan Community Shield. Gelar pertama Manchester United di ajang Europa League tersebut juga menjadi Setan Merah sebagai salah satu klub yang pernah memenangkan semua kejuaraan antar klub UEFA ( termasuk di dalamnya Winners Cup yang kini telah dihapus ) bersama Ajax Amsterdam, Bayern Munich dan Juventus.