Sosok Ernesto Valverde, Kurang Familiar

Semenjak gonjang ganjing mengenai siapa calon entrenador anyar Barcelona  setelah Luiz Enrique mengundurkan diri kian menemui titik terang. Setelah beberapa kandidat masuk dalam bursa pelatih yang menukangi Barcelona kian santer diperbincangkan. Akan tetapi dengan resmi Presiden Josep Maria Bartomeu mengumumkan nama eks entrenador Athletic Bilbao bernama Ernesto Valverde sebagai nahkoda anyar Barcelona musim depan. Untuk Iniesta dan Lionel Messi sendiri tak mengenal sosok Ernesto Valverde secara gamblang.

 

Lantaran nama Valverde bukanlah nama yang familiar bagi kedua mega bintang tersebut. Walaupun Valverde pernah mengenakan jersey kebesaran Barca selama dua musim. Namun mereka tetap ungkapkan tak mengenal sosok Ernesto Valverde, pelatih yang bakal menukangi mereka pada musim kompetisi baru akan datang.

 

Valverde diumumkan menjadi juru taktik Barcelona ke publik pada tanggal 1 Juni 2017 lalu. Dan diberi kontrak sampai dengan 30 Juni 2019 dengan opsi perpanjangan setahun. Juru taktik berusia 53 tahun itu diharapkan mampu mengembalikan kejayaan Barcelona pada musim–musim sebelumnya yang telah direbut seteru mereka yaitu Real Madrid yang mampu meraih double winners dengan merebut trophy Liga Champions dan juga Liga BBVA Spanyol. Walaupun tak mengenal sosok Ernesto Valverde, pelatih anyar mereka, baik Iniesta dan juga Messi berharap banyak pada kepemimpinan Valverde.

 

Iniesta menjelaskan sudah berbicara banyak meski tak mengenal sosok Ernesto Valverde, yang bakal membesut Barca musim depan. Dia sudah berbicara terkait filosofi maupun gaya permainan yang akan diusung serta diterapkan di Barca kelak. Dia pelatih yang menyenangkan. Aku yakin dia bakal bekerja keras untuk klub ini.

 

Meskipun Iniesta tak mengenal sosok Ernesto Valverde, dia berharap semoga kerja keras dan keberuntungan menghampiri Barca. Iniesta mengharapkan semuanya bisa tercapai bersama–sama baik antara pelatih dan manajemen maupun para petinggi klub yakni satu tekad ingin mengembalikan masa keemasan klub kebanggaan Catalan itu.

 

Hal senada juga diungkapkan oleh Lionel Messi kendati dia tak mengenal sosok Ernesto Valverde secara detail, dia berharap yang terbaik untuk klub yang dibelanya. Dia mengungkapkan lebih mengenal sosok Jorge Sampaoli yang telah menjadi juru taktik tim nasional Argentina. Seperti diberitakan sebelumnya eks pelatih Sevilla tersebut merupakan kandidat nomer satu yang bakal menukangi Barca, akan tetapi nasib berkata lain, dia lebih condong memilih tim nasional Argentina.

 

Walau tak mengenal sosok Ernesto Valverde, Lionel Messi mengungkapkan masih banyak memiliki waktu untuk mengenal dirinya secara lebih dekat. Lantaran sebentar lagi tur pra musim yang segera dilakukan oleh setiap klub tanpa terkecuali Barcelona sendiri. Messi sendiri tak mengetahui langsung penunjukan pelatih anyar itu, lantaran dia berada di China untuk memperkenalkan Messi Experience Park yakni taman yang didominasi lapangan sepak bola.